BEWARE
(Banjarnesse Evangelism WAtch and REhabilitation)

Google
WWW Blog ini

30 Juli 2008

Cara Lain Kafirisasi

Penggunaan Al-Qur'an Dalam Pelayanan

Keterampilan:    *Memanfaatkan Kitab dan ajaran-ajaran kelompok target.


 


 

Catatan

Kalau seseorang tidak langsung menerima ide-ide di bawah ini, jangan putus asa. Mereka harus mendengarkan hal ini berulang kali dan membiasakan diri dengan konsep ini sebelum mereka akan menerimanya. 


 


Gelar-gelar Isa Al-Masih Dalam Al-Qur'an Yang Berguna Untuk Penginjilan

  1. Putera Maryam – dipakai 23 kali (contoh Sura 2:87)

    Waktu gelar ini dipakai oleh orang Islam, mereka sedang mengakui bahwa Al-Masih hanyalah anak seorang manusia yang bernama Maryam dan bukan Anak Allah. Namun gelar ini adalah gelar yang sopan dan terhormat. 'Putera Maryam' berarti Al-Masih tidak mempunyai seorang bapak di dunia. Ini dapat menjadi jembatan untuk menceritakan kelahiran Al-Masih. "Kenapa kelahiran Al-Masih merupakan sebuah mujizat? Apakah saudara ingin tahu apa yang ditulis dalam Injil tentang kelahiran-Nya?" Bacalah Lukas 2 dengan mereka.

  2. Tanda – dipakai 3 kali.

    Sura 19:21 – Seluruh kehidupan Al-Masih adalah mujizat. Mujizat Muhammad hanya perkataan (kitab) tetapi mujizat Al-Masih adalah perbuatan.

    "Jibril berkata: 'Demikianlah.' Tuhanmu berfirman: 'Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan.'"

    Sura 21:91 – Al-Masih adalah tanda bagi semesta alam.

    "Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya ruh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam."

    Sura 23:50 – Tanda Allah dalam bahasa Arab adalah 'Ayatollah.' Hanya Al-Masih dan Maryam adalah Ayatollah yang benar.

    "Dan telah Kami jadikan (Isa) putera Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata bagi (kekuasaan Kami), dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir."

  3. Kalimat – 2 kali. (Sura 3:45; 4:171)

    "Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, 'Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan : '(Tuhan itu) tiga,' berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara" (Sura 4:171).

    Orang Kristen percaya hal yang mirip bahwa Isa Al-Masih adalah Firman Allah (Yoh 1:1-3) tetapi perbedaannya adalah Al-Qur'an tidak mengatakan bahwa Kalimat-nya adalah Allah. Tetapi perlu diperhatikan bahwa ayat ini mengatakan bahwa Isa adalah Kalimat-Nya; bukan Isa adalah Kalimat dari Allah. Ayat ini berbicara tentang inkarnasi Al-Masih. Firman menjelma menjadi manusia.

Mujizat Al-Masih dalam Al-Qur'an

  1. Kelahiran Isa Al-Masih (Sura 19:18-26)

    Al-Qur'an mencatat 8 khotbah Al-Masih. Khotbah yang pertama disampaikan langsung setelah kelahiran-Nya. Dalam Al-Qur'an, Isa bisa berbicara dengan sempurna pada waktu dia masih bayi.

    Khotbah yang kedua dari Al-Masih disampaikan berapa saat kemudian waktu Kristus membela nama baik Ibu-Nya di depan umum (Sura 19:27-33). Dalam ayat-ayat ini Al-Masih menghibur dan membela Ibu-Nya. Al-Masih sejak lahir adalah orang yang prihatin.

    Dalam Sura 19:30 kita membaca, "Berkata Isa: 'Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.'" Hal bahwa Al-Masih diberikan semua Kitab dari sorga dicatat dalam Sura 3:48. Kita dapat menyimpulkan kalau Al-Masih mengetahui isi Injil pada saat ia masih bayi, berarti Al-Masih diajarkan isinya sebelum ia lahir. Maka Al-Masih adalah Kalimat/Firman Allah. Bukan saja ia berbicara pada saat ia masih bayi tetapi ia juga mengetahui segala isi Kitab sorgawi.

  2. Al-Masih Sang Pencipta (Sura 3:49; 5:110)

    "Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): "Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mu'jizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman." (Sura 3:49).

    Al-Masih menciptakan seekor burung dari tanah dan meniupkan nafas kehidupan ke dalamnya sama seperti Allah menciptakan Nabi Adam. Bahasa Arab dalam Sura 3:49 sebenarnya mengatakan 'aku menciptakan' bukan 'aku membuat.' Dalam Al-Qur'an Al-Masih adalah Sang Pencipta yang dapat memberi hidup melalui Roh-Nya. Dalam Injil (Yohanes 20:22) Al-Masih meniupkan Roh-Nya ke dalam murid-Nya bukan ke dalam seekor burung.

  3. Al-Masih menyembuhkan orang buta (Sura 3:49; 5:110)

    Kita harus membuka Injil dan menunjukkan di mana Al-Masih menyembuhkan orang buta (Markus 10:46-52). Mujizat ini hanya disinggung sedikit sekali dalam Al-Qur'an. Kejadian selengkapnya ada di dalam Injil. Orang buta disembuhkan oleh karena iman mereka (Markus 10:52). Bukalah Injil dan minta mereka membaca sendiri.

  4. Al-Masih menyembuhkan orang berpenyakit sopak [kusta] (Sura 3:49; 5:110)

    Orang yang menderita penyakit kusta dianggap orang yang dikutuk Allah karena dosanya yang tersembunyi. Kita perlu membacakan Markus 2 kepada mereka. Dalam ayat ini, Al-Masih mengampuni dosa dan juga menyembuhkan melalui perkataan-Nya.

  5. Al-Masih menghidupkan orang mati (Sura 3:49; 5:110)

    Bahasa Arab dalam ayat ini untuk kata 'mati' menggunakan bentuk jamah untuk 3 atau lebih. Dalam Lukas dan Yohanes kita menemukan 3 kali di mana Al-Masih menghidupkan orang mati. Coba bertanya kepada orang Islam seperti ini: "Siapakah dapat menghidupkan orang mati?" "Allah." "Kalau begitu, Al-Masih adalah Allah." "Tidak, Allah hanya yang mengizinkan Al-Masih untuk melakukan hal ini." "Jadi anda percaya Al-Masih dapat menghidupkan orang mati kalau Allah mengizinkannya?" "Ya" "Maka Al-Masih dapat menghidupkan diri dari antara orang mati."

  6. Al-Masih Menurunkan Hidangan Dari Langit (Sura 5:112-115)

    Bagian terakhir dari Sura 5:115b mengatakan Allah akan menyiksa semua orang yang tidak percaya peristiwa ini betul-betul terjadi. Allah sendiri mengancam orang yang tidak percaya mujizat Al-Masih ini. Maka kita perlu bertanya kenapa Allah menganggap mujizat ini begitu penting.

    112. (Ingatlah), ketika pengikut-pengikut 'Isa berkata: "Hai 'Isa putera Maryam, sanggupkah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami?" 'Isa menjawab: "Bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yang beriman."

    Para murid menanyakan hak Isa. Menarik sekali untuk diperhatikan bahwa Isa menjawab dengan mengatakan bahwa mereka harus bertakwa kepada Allah. Isa tidak mengatakan bahwa mereka harus beriman kepada Allah.

    113. Mereka berkata: "Kami ingin memakan hidangan itu dan supaya tenteram hati kami dan supaya kami yakin bahwa kamu telah berkata benar kepada kami, dan kami menjadi orang-orang yang menyaksikan hidangan itu."

    Para murid ingin sebuah bukti. Setelah melihat bukti, barulah mereka akan percaya. Mereka tidak mau beriman dahulu. Mereka ingin mendapatkan tenteram dalam hati tetapi ingin melihat bukti terlebih dahulu. Hanya setelah melihat buktinya, mereka ingin menjadi saksi. Tetapi dalam Injil Al-Masih menyuruh kita untuk percaya terlebih dahulu dan melihat melalui mata iman kita.

    114. Isa putera Maryam berdo'a: "Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezkilah kami, dan Engkaulah pemberi rezki Yang Paling Utama."

    Dalam Sura 5:114, kita membaca sebuah doa yang dinaikkan oleh Al-masih. Dalam doa ini, Al-Masih memanggil Allah dengan nama "allaahumma" yaitu sama seperti memakai nama Ibrani "Elohim." Allah menjawab doa Al-Masih. Rahasia mujizat ini adalah permohonan Al-Masih tertuju kepada "Elohim" dan bukan kepada Allah. Al-Masih mengatakan "allaahumma rabbanaa" (Elohim adalah Tuhan kita).

    Al-Masih berhak menjadi perantara di antara Allah dan manusia. Muhammad mengakui 5 kali bahwa tidak ada perantara dan dia sendiri tidak bisa menjadi perantara di antara umat Muslim dan Allah. Muhammad mengatakan bahwa hanya seseorang dengan kontrak yang kuat dengan Allah dapat menjadi perantara.

    Al-Masih tidak hanya meminta hidangan dari sorga, tetapi suatu hari perayaan atau pesta yang besar. Permintaan ini digenapi dalam Perjamuan Kudus di mana semua umat Allah dari berbagai sudut dunia menyembah Allah bersama penuh dengan sukacita.

    115. Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menurunkan hidangan itu kepadamu, barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah (turun hidangan itu), maka sesungguhnya Aku akan menyiksanya dengan siksaan yang tidak pernah Aku timpakan kepada seorangpun di antara umat manusia."

    Allah mengabulkan doa Al-Masih. Ingatlah semua yang tidak percaya mujizat ini akan disiksa selama-lamanya.

    Orang Islam mendiskusikan ayat ini panjang lebar. Mereka ingin tahu apa isi hidangan tersebut karena itulah yang menjadi makanan mereka di sorga nanti. Tetapi maksud ayat-ayat ini bukanlah isi hidangan tersebut melainkan siapa yang menurunkan hidangkan itu. Bagaimanakah Al-Masih memberi makan kepada 5,000 orang? Dia mengucapkan syukur untuk makan lima roti dan dua ikan yang ada dan kemudian Allah melipat-gandakannya. Iman sebelum bukti.

  7. Al-Masih adalah Pemberi Hukum (Sura 3:50)

    "Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mu'jizat) daripada Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan ta'atlah kepadaku." (Sura 3:50)

    Kalau Al-Masih datang untuk membenarkan kitab Taurat, bagaimanakah orang dapat mengatakan bahwa isinya telah diubah?

    Semua wahyu adalah hukum dalam agama Islam. Semua nabi berada di bawah hukum tersebut. Tetapi dalam sura ini Al-Masih memberi dan membenarkan hukumnya. Ini berarti tingkatan Al-Masih sama dengan hukum Syariat karena dia membenarkannya.

    Akibatnya, manusia harus bertakwa kepada Allah dan mentaati Al-Masih (juga ditulis dalam Sura 43:63). Setiap orang Islam harus mentaati Al-Masih. Ketaatan ini tingkatannya harus sama dengan bertakwa kepada Allah. Al-Masih mengatakan jikalau seseorang tidak mentaati-Nya, maka orang itu bukanlah seorang Muslim sejati dan tidak akan masuk Firdaus.

    Kalau kita ditanya apa isi hukum Syariat Al-Masih, tunjukkanlah kepada mereka lebih dari 150 perintah Al-Masih dalam kitab Injil. Al-Masih memberikan perintah baru kepada murid-Nya, "yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi" (Yohanes 13:34). Al-Masih bukan hanya memberikan hukum Syariat tetapi dia juga menjadi tali ukur untuk hukum Syariat itu sendiri (Sunna). Muhammad adalah Syariat Islam. Semua orang Islam ingin menjadi seperti Muhammad. Demikian juga, Al-Masih adalah Syariat Kristen. Kita ingin menjadi sama seperti Al-Masih dalam segala perkataan dan perbuatan kita. Kasih dan penebusan adalah Syariat Al-Masih sedangkan hukum dan ketaatan adalah Syariat Muhammad.

  8. Al-Masih adalah Maha-Tahu (Sura 3:49b)

    "dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman." (Sura 3:49).

    Al-Masih mengetahui rahasia-rahasia orang lain. Mujizat-Nya membuktikan bahwa Dia Maha-Kuasa karena Dia dapat menciptakan dan menyembuhkan. Al-Masih adalah Maha-Tahu karena Dia tahu rahasia orang lain.

  9. Al-Masih mengubah hati manusia

    "Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menymbongkan diri." (Sura 5:82).

    Orang Yahudi adalah musuh orang Islam yang terburuk. Musuh yang terbaik adalah orang Kristen. Muhammad mengaku bahwa Al-Masih memberikan kasih kepada pengikut-Nya. Pendeta-pendeta dan rahib-rahib mengajarkan umat Kristen untuk mengasihi dan tidak menjadi sembong. Muhammad melihat kehidupan orang Kristen sejati – orang yang hidup sesuai ajaran Al-Masih. Inilah mujizat Al-Masih yang terbesar – Dia dapat mengubah hati manusia.

    "(Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya" (Sura 3:55).

    Sura ini mengatakan bahwa orang Kristen lebih tinggi daripada orang lain. Bukan semua orang Kristen – hanya mereka yang mengikut ajaran Kristus dengan baik. Muhammad mengaku orang Kristen berbeda dengan orang lain. Al-Masih telah membuat mereka menjadi ciptaan baru.

    "Kemudian Kami iringi di belakang mereka dengan rasul-rasul Kami dan Kami iringi (pula) dengan Isa putra Maryam; dan Kami berikan kepadanya Injil dan Kami jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya rasa santun dan kasih sayang..." (Sura 57:27)

    Al-Masih membawa Injil (wahyu). Tetapi Dia juga menaruh rasa santun dan kasih sayang dalam hati pengikut-Nya. Rom 5:5b memberikan jawaban yang Alkitabiah untuk hal yang diamati oleh Muhammad. "Karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus." Ini berarti Allah akan memberikan Roh Kudus kepada setiap orang yang mengaku Al-Masih adalah Tuhan.

    Tiga Sura ini mencatat pengakuan bahwa Allah menaruh sesuatu dalam hati orang Kristen yang tidak dimiliki oleh orang lain. Al-Masih mengubah manusia. Tidak ada seorangpun selain Al-Masih yang dapat melakukan hal ini.

  10. Al-Masih Sendiri Adalah Mujizat (Sura 19:21)

    "Jibril berkata: 'Demikianlah.' Tuhanmu berfirman: 'Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan.'" (Sura 19:21)

    Al-Masih adalah tanda Allah (Ayatollah). Dialah tanda bagi semua manusia. Kata Al-Masih dalam Injil, "Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa" (Yohanes 14:9). Al-Masih menggenapi tujuan Allah dalam ciptaan Allah yaitu Al-Masih adalah gambar dan peta Allah.

Mujizat-mujizat Al-Masih memperlihatkan kepada kita bahwa Al-Masih adalah Kalimat, Pencipta, Dokter Medis Terbesar (dapat menyembuhkan tanpa alat dan obat – hanya dengan perkataan), dapat mengampuni dosa, menghidupkan orang mati, dan adalah perantara di antara Allah dan manusia.


 

Siapakah orang yang baik?

"Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki." (Sura 14:27).

Allah akan menyesatkan orang-orang yang lalim (tidak adil). Siapakah yang terhitung sebagai orang lalim? Semua manusia adalah lalim dan memperbuat apa yang dikehendaki. Oleh karenanya tidak ada satu orang pun yang bisa menghindari neraka, dan tidak ada jalan keluar. Tanyalah, bagaimana seseorang dapat menghindari neraka? Biasanya dijawab bahwa orang harus bertobat. Tetapi inilah jawaban orang Kristen karena di dalam Islam, orang yang bertobat pun tidak dapat menghindari neraka. Injil mengajar bahwa, "Tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak" (Roma 3:12). Semua telah berbuat dosa. Semua manusia patut masuk neraka. Tunjukkan hal ini kepada orang Islam dan mereka akan mulai mengerti bahwa hanya Allahlah yang baik.


 

Siapa yang akan diselamatkan oleh Allah?

Dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk, akan tetapi telah tetaplah perkataan dari padaKu: "Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka jahannam itu dengan jin dan manusia bersama-sama." (Sura 32:13).

Kalau Allah mau, Dia dapat menyelamatkan semua manusia. Di sini tertulis bahwa Allah akan penuhi neraka jahanam dengan jin dan manusia. Allah sedang bermain-main dengan jiwa manusia. Sifatnya tidak seperti seorang Bapa yang mengasihi anaknya. Allah dalam Al-Qur'an mengirimkan sebagian orang ke neraka dan sebagian ke sorga sesuka hatinya sendiri. Apakah ini sifat Allah yang benar? Padahal di dalam keKristenan, Tuhan menginginkan semua orang selamat (I Timotius 2:4). Itulah perbedaannya. Dalam agama Kristen Allah ingin menyelamatkan semua orang, tetapi dalam agama Islam Allah ingin mengirimkan sebagian orang ke neraka. Inilah niat Allah dalam ajaran Islam.

Orang Islam tidak pernah tahu apa yang Allah inginkan bagi mereka. Orang Kristen mempunyai bukti – Kristus mati bagi kita! Seorang Muslim tidak tahu pasti apakah dia akan masuk sorga dan hanya dapat menjawab pertanyaan ini dengan "Insya Allah."


 

Siapa akan masuk neraka?

Semua orang Muslim akan masuk neraka.

"Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut. Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang terang (maksudnya), niscaya orang-orang yang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman: "Manakah di antara kedua golongan (kafir dan mu'min) yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuan(nya)?" (Sura 19:71-73)

Tanyalah kepada orang Islam apakah Allah ditakdirkan? Allah tidak bisa melakukan hal apapun selain mengirimkan semua orang Islam ke neraka. Ini berarti takdir itu lebih besar daripada Allah. Setelah semua telah masuk neraka, baru Allah dapat menyelamatkan sebagian.


 

Al-Masih Menubuatkan Kedatangan Muhammad

"Dan (ingatlah) ketika 'Isa ibnu Maryam berkata: 'Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).' Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: 'Ini adalah sihir yang nyata.'" (Sura 61:6)

Sura ini adalah salah satu khotbah Al-Masih kepada umat Yahudi. Dalam khotbah-Nya, Al-Masih mengatakan bahwa Dia diutus untuk membenarkan kita Taurat. Sekali lagi kita dapat menanyakan kepada orang Islam kenapa mereka mengatakan kitab Taurat telah diubah jikalau Al-Qur'an mengatakan kitab itu telah dibenarkan. Juga Al-Masih menubuatkan kedatangan seseorang yang namanya Ahmad. Dalam kitab Injil (Yohanes 16:7-10), kita membaca bahwa Al-Masih akan mengutus Penghibur. Tanyalah kepada orang Islam apakah ayat ini berbicara tentang Muhammad. Kalau dia menjawab, "Ya," itu berarti bahwa Muhammad diutus oleh Al-Masih dan oleh sebab itu Muhammad berada di bawah kuasa dan pemerintahan Al-Masih.


 

Tritunggal

116. Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai 'Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah ?". 'Isa menjawab: "Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib".

117. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya yaitu: "Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu", dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.

118. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Sura 5:116-118)

Inilah ada percakapan Al-Masih dengan Allah setelah Al-Masih diangkat kepada Allah. Al-Masih menjawab satu pertanyaan yang singkat. Allah bertanya apakah benar Al-Masih mengatakan bahwa Al-Masih dan Maryam adalah anggota Allah Tritunggal. Waktu seorang Islam menanyakan soal Allah Tritunggal kepada kita, kita dapat dengan jelas mengatakan bahwa tidak ada orang Kristen yang percaya kepada Allah Tritunggal yang seperti ini. Umat Kristen juga menyangkal doktrin ini. KeTritunggalan Allah bukan hal biologis melainkan hal rohani (spiritual).

Tetapi Sura ini menunjukkan bahwa Al-Masih memang berhak untuk berdoa minta pengampunan untuk murid-murid-Nya. Oleh karena Al-Masih telah menghidupkan orang mati (Sura 5:32) selama Al-Masih ada di dunia, tentu Dia dapat menghidupkan semua umat manusia yang telah wafat.

Dalam ayat 5:117, kita melihat bahwa Al-Masih dan Allah mempunyai tugas/tanggung jawab yang sama yaitu mengawasi pengikut Al-Masih. Sekali lagi kita melihat bahwa Al-Masih dan Allah adalah satu.

Dalam ajaran Al-Qur'an, Al-Masih tidak sedang tidur atau santai-santai saja di sorga melainkan Dia sedang berdoa syafaat untuk pengikut-Nya dan menghidupkan orang yang wafat.


 

Penebusan Dalam Al-Qur'an

"Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar." (Sura 37:107).

Sura ini adalah satu-satunya ayat dalam Al-Qur'an yang mengatakan bahwa penebusan dapat terjadi oleh karena pengorbanan. Ayat-ayat yang lain hanya mengatakan bahwa penebusan untuk orang lain hanya bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai janji yang kuat dengan Allah.

"Mereka tidak mempunyai hak syafaat (pertolongan), kecuali orang-orang yang mengadakan janji kepada Yang Maha Pengasih" (Sura 19:87).

"Pada hari itu tidak berguna syafa'at, kecuali (syafa'at) orang yang Allah Maha Pemurah telah memberi izin kepadanya, dan Dia telah meridhai perkataannya" (Sura 20:109).

Al-Masih mempunyai janji yang kuat dengan Allah, maka Dia berhak untuk menebus orang lain. Menurut Al-Qur'an, Al-Masih tidak pernah melanggar hukum Syariat ataupun membuat dosa (Sura 19:19). Empat kali Muhammad menulis bahwa dia telah berbuat dosa (Sura 40:55; 47:19; 48:12; 110:3). Al-Masih tidak pernah meminta ampun dari Allah karena Dia tidak pernah berdosa. Al-Qur'an mengatakan, "seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain" (Sura 39:7). Tetapi secara implisit, ayat ini mengatakan bahwa "seorang yang tidak berdosa bisa memikul dosa orang lain." Muhammad tidak bisa memikul dosa orang lain karena dia sendiri adalah orang berdosa. Kalau Muhammad mati di salib, pengorbanan itu sia-sia karena Muhammad tidak memenuhi syarat untuk menebus orang. Namun Al-Masih, Anak Domba Allah yang tidak bercacat, memikul dosa dunia (Yohanes 1:29).


 

Kematian Al-Masih

"(Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku …" (Sura 3:55)

Sura ini mencatat kematian dan kenaikan Al-Masih dalam kalimat yang sama. Allah dalam Al-Qur'an mengaku bahwa Al-Masih hidup. Al-Masih diangkat langsung kepada Allah bukan kepada salah satu tingkatan sorga.

"dan karena ucapan mereka: 'Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, 'Isa putra Maryam, Rasul Allah,' padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan 'Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) 'Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah 'Isa." (Sura 4:157)

Kita perlu memperhatikan konteks dari ayat ini. Dalam Sura 4:158, kita membaca bahwa Allah mengangkat Al-Masih kepada-Nya sendiri. Al-Qur'an tidak mengatakan bahwa Al-Masih tidak disalibkan dan tidak mati. Ayat ini hanya mengatakan bahwa penyaliban Al-Masih tidak dilakukan oleh orang Yahudi. Jadi kita bisa setuju dengan orang Islam bahwa Al-Qur'an dan Injil dua-duanya benar. Kalau memang Al-Masih dibunuh oleh orang Yahudi, cara kematian harus karena dilempari batu bukan disalibkan. Hanya orang Romawi membunuh dengan cara penyaliban. Tanyalah mereka siapa yang membunuh Al-Masih dalam Al-Qur'an.

"(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: 'Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih 'Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)'" (Sura 3:45).

Al-Masih adalah terkemuka dari segala zaman karena Dia telah naik ke sisi Allah. Dia lebih dari hanya sekedar hamba Allah, tetapi dia adalah penasihat Allah. Siapa yang dapat mendekati Allah? Hanya dia yang suci dan tanpa dosa.


 

Damai Al-Masih

"Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali" (Sura 19:33).

Ayat ini dengan jelas mengatakan Al-Masih meninggal. Oleh karena kesejahteraan menyertai Al-Masih, kita dapat menyimpulkan bahwa Al-Masih meninggal dalam damai. Juga kita dapat menyimpulkan bahwa karena Al-Masih tidak pernah berdosa, Dia tidak harus mati. Berarti kematian Al-Masih terjadi oleh karena Dia menanggung dosa umat manusia.

Al-masih lahir oleh Rohul Qudus dalam kesejahteraan Allah. Dia meninggal dalam kehendak Allah. Dia dibangkitkan hidup kembali dalam kemuliaan-Nya. Al-Masih adalah satu-satunya orang Islam (artinya dari kata 'salam') yang sejati.


 

Hari Kiamat

"Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus." (Sura 43:61). Juga lihat Sura 19:33.

Dalam dua Sura ini kita melihat bahwa Al-Masih mempunyai peran yang penting pada hari kiamat. Juga di dalam Hadits kita menemukan bahwa Al-Masih akan melawan dan membunuh Dajal. Dalam Injil Al-Masih membawa perdamaian. Tetapi di antara nabi-nabi menurut ajaran Islam, justru prajurit yang hebat dan berhasil adalah Muhammad. Maka, kita harus bertanya kenapa Al-Masih yang dipilih untuk kembali dan melawan Dajal? Kenapa bukan prajurit yang hebat yang dipilih? Karena Al-Masih yang dipilih untuk kembali, mengalahkan Dajal dan menghakimi dunia, maka setiap orang Islam perlu menyiapkan diri untuk bertemu dengan Al-Masih.


 

Pertolongan Untuk Percaya Baru

Ajaran Islam tentang Takdir (Predestinasi) mengajarkan bahwa "Barangsiapa yang disesatkan Allah, sekali-kali kamu tidak mendapatkan jalan (untuk memberi petunjuk) kepadanya." (Sura 4:88, 143; 7:178, 186; 13:33; 18:17; 39:33, 36; 40:33; 42:44, 46; 6:39). Seorang petobat baru dapat menggunakan ayat-ayat ini untuk perlindungan. Katakanlah sesuai dengan rukun iman tentang takdir, karena Allah sedang menyesatkannya maka dia harus ikut jalan yang sesat.


 

Al-Masih adalah Allah

Bertanyalah, "Siapakah yang mempunyai pengetahuan tentang hari kiamat?" Mereka pasti menjawab, "Allah." Kemudian bacalah Sura 67:26 dengan mereka.

"Katakanlah: 'Sesungguhnya ilmu (tentang hari kiamat itu) hanya pada sisi Allah. Dan sesungguhnya aku hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan.'"

Lihat lagi Sura 43:85

"Dan Maha Suci Tuhan Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; dan apa yang ada di antara keduanya; dan di sisi-Nyalah pengetahuan tentang hari kiamat dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan."

Dan juga Sura 41:47

"Kepada-Nyalah dikembalikan pengetahuan tentang hari Kiamat [1336]…"

[1336] Maksudnya: Hanya Allah-lah yang mengetahui kapan datangnya hari Kiamat itu.

Tanya lagi. "Siapa yang mempunyai pengetahuan tentang hari kiamat itu?" Sekali lagi mereka akan mengatakan, "Allah." Terus bacalah Sura 43:61

"Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus."

Karena Al-Masih juga mengetahui tentang hari kiamat, maka dengan demikian Al-Masih pasti adalah Allah!

0 komentar: